Search This Blog

Saturday, May 16, 2015

Tips Khusus Bagi Pekerja

Waktu, memang menjadi kendala yang riskan bagi para pelaku olahraga yang sering pulang larut atau tidak memiliki bagian yang cukup untuk melakukan aktivitas ini. Selain kelelahan, akan terasa berat rasanya apabila tubuh diforsir untuk berkegiatan lagi. Tapi ada kiat - kiat yang dapat dijalani agar badan tetap bugar setelah seharian bekerja. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kondisi tetap dalam keadaan segar sebagai berikut.

1. Fokus

Orang akan cenderung ke tempat istirahat ketika sampai di rumah atau kos untuk melepas lelah dan hasilnya kita malas untuk menggerakan tubuh ke tempat latihan. Setiap ruang akan dapat menjadi tempat latihan, kamar, teras, dapur, ruang makan, semua dapat dimanfaatkan untuk mengolah tubuh kita. Tinggalkan segala pikiran akan masalah-masalah yang ada. Termasuk pekerjaan, nongkrong, dan semua yang tidak ada kaitannya dengan latihan. Basuh tubuh (bagian kepala, tangan, kaki) agar terasa segar. Berikan jeda 15 menit agar tubuh dan pikiran siap untuk menerima porsi latihan yang akan kita lakukan.

2. Makan

Dalam hal ini bukan dimaksudkan kita harus makan sampai kenyang, dan makan apa saja yang tersaji di meja makan. Tapi makan 2 buah pisang untuk persiapan awal dalam melakukan latihan. Buah pisang ini bertujuan agar tubuh mendapat asupan energi. Tak lupa minum segelas air putih agar tubuh juga mendapat tambahan cairan dan kita terhindar dari dehidrasi. Setelah latihan berikan asupan gizi berupa susu agar tubuh tetap terjaga kebugarannya. Susu sangat disarankan bagi penggiat yang sedang melakukan program pembentukan otot.

3. Pola Latihan

Persiapkan pola latihan yang akan kita lakukan agar kita mendapat tujuan yang diinginkan. Contoh saja, kita ingin membakar lemak, pilih latihan yang memiliki unsur kardio di dalamnya. Atau pembentukan otot, pilih muscle building dalam menjalani latihan.

4. Mandi

Setelah latihan tubuh pasti berkeringat, apabila langsung tidur begitu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan. Selain menimbulkan pertumbuhan bakteri, tentu tidak akan nyaman bila tidur dalam keadaan kotor.

5. Istirahat

Setelah badan segar setelah mandi, berikan waktu tidur yang cukup agar tubuh kembali bugar di pagi hari. Sebisa mungkin kurangi waktu begadang jika tidak perlu. Biasakan untuk memilih beristirahat daripada memaksakan diri untuk berkegiatan yang tidak memberikan dampak positif.

Beberapa hal diatas bisa menjadi acuan untuk memulai hidup sehat. Karena selain mahal harganya, efek yang ditimbulkan dari hidup sehat akan berkepanjangan. Tak lupa untuk mengingatkan bagi para pembaca yang setia agar tetap bergerak pada koridor kesehatan. Semoga sedikit tips yang disampaikan dapat berguna dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

loading...