Search This Blog

Friday, May 1, 2015

Prolog

Tubuh atletis, satu hal yang diharapkan oleh semua orang terutama pria. Bagi kaum adam, bentuk tubuh memang sangat dipercaya akan menumbuhkan sosok seorang laki-laki yang berkharisma di mata wanita. Selain uang, perilaku, dan beberapahal lain memang sangat di banggakan oleh seorang pria. Di jaman yang sudah berkembang pesat kini, penilaian orang akan sangat berbeda ketika pria mempunyai bentuk tubuh yang ideal, yakni badan yang kekar dan berotot. Sosok ideal di mata perempuan untuk menjadi sebuah pasangan dan dipamerkan ke media massa. Namun ada juga hal yang mempengaruhi akan bentuk tubuh yang seperti diharapkan, antara lain dari segi kesehatan. Dengan tubuh yang sudah memiliki bentuk ideal, memang sudah tak perlu di pertanyakan bahwa orang akan mendapat pemikiran akan kesehatan pribadi yang terjaga. 

Selama ini banyak orang yang terlihat begitu malas untuk berolahraga, karena berbagai kesibukan dan gaya hidup yang sudah meraka jalani hingga mereka lupa untuk mengatur peredaran kesehatan yang mereka miliki. Hanya dengan makan teratur dan istirahat membuat mereka sudah nyaman untuk menikmati hidup. Di sisi lain, dengan kehidupan yang mereka jalani membuat mereka lupa akan pentingnya menjaga batas atau porsi kesehatan yang akan menjadi pendamping dalam kehidupan sehari-hari. Terlihat penampilan orang sedikit agak mengembang ke samping setelah keseharian yang mereka jalani. Ada yang memang sudah percaya diri dengan hal seperti itu karena mereka yakin bahwa keadaan yang sudah ada menjamin kehidupan mereka hingga akhir nanti, entah kapan. Di sudut yang lain, ada bahaya yang mengintai tanpa ada persetujuan yang sewaktu-waktu dapat memberikan kejutan yang tak disangka tiap orang. Darah tinggi, stroke, jantung, kolesterol, beberapa penyakit ini memberikan efek yang sangat tinggi akan pengaruh terhadap kesehatan seseorang. Beberapa percaya bahwa penyakit ini memang dapat diobati jika suatu saat nanti datang. Tapi alangkah lebih baik jika dari sekarang orang memulai untuk merubah pola hidup dan membiasakan diri untuk mengoptimalkan kegiatan dengan berbagi antara bersenang-senang dan berolahraga.

Banyak macam olahraga ringan yang akan membantu orang untuk membuat mereka lebih bugar atau kondisi fit lebih dari biasanya. Tentu saja ini akan lebih menunjang lebih dari sekedar istirahat atau dengan kata lain bisa kita sebut dengan istilah tidur. Banyak orang menjadi lupa diri untuk memperhatikan kesehatan mereka walaupun hanya latihan ringan, dan ini menjadi suatu kebiasaan dan tanpa disadari sudah melekat pada pribadi orang yang sudah terlena dengan gaya hidup yang mereka jalani dan lakukan selama ini. Sekalipun space waktu yang dimiliki tiap orang dalam berkegiatan sehari-hari itu berbeda, tapi akan ada waktu luang yang dapat mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan olahraga untuk menunjang kesehatan mereka. Banyak tempat yang menyediakan fasilitas untuk mendukung hal tersebut. Dan pastinya ada juga tempat yang premium atau berbayar untuk menikmati proses tersebut.

Salah satu tempat yang sering dituju untuk melakukan olahraga adalah gym. Orang lebih memilih tempat ini karena fasilitas yang ditawarkan sangat efektif. Alat-alat yang ada di dalam ruangan tersebut lebih lengkap dan bermacam-macam. Jadi akan ada banyak gaya yang dapat dilakukan. Selain itu ada juga macam latihan yang di tawarkan di gym, seperti senam, yoga, pilates, dan masih banyak lagi tentunya tergantung dari tiap tempat yang menjadi sarana. Tapi apakah ada tempat yang yang gratis tapi memberikan manfaat yang sama dengan gym? Jawabannya ada! 

Ketika orang sadar bahwa berolahraga itu harus ke gym, jadi member, dan harus datang sesuai jadwal, mereka salah besar. Gym atau sering kita sebut tempat latihan itu sebenarnya ada dimana-mana, setiap tempat yang kita tuju dan kita datangi merupakan sarana yang dapat kita manfaatkan untuk mendapat latihan yang efektif. Hal tersebut tentunya tidak luput dari kreatifitas seseorang dalam membuat arenanya sendiri dalam berolahraga. Tak hanya gym, ruang terbuka menjadi milik kita untuk berkreasi dalam mengembangkan hal yang berguna bagi pribadi masing-masing.

Di satu kesempatan yang menjadi sebuah tolok ukur kemajuan hidup seseorang, sudah banyak dikenal bentuk olahraga-olahraga outdoor yang dapat dilakukan. Semua yang dilakukan diluar sana apakah akan sesuai dengan yang diharapkan? Dan memang ya, mereka mendapat apa yang mereka inginkan untuk menjamin kesehatan mereka. Ditambah dengan pola  atau aturan yang mereka terapkan untuk menjalani hal tersebut. Tapi beberapa perjalanan hidup membuat waktu dibutuhkan untuk berolahraga kadang tidak terkontrol, setelah seminggu bekerja/beraktifitas ada waktu bagi mereka untuk mendapat sebuah penghargaan meluangkan libur yang sedikit untuk bersantai dan bercengkrama dengan keluarga. Dengan kata lain, mereka memiliki sedikit dan hampir tidak ada untuk meluangkan waktu berolahraga.

Sampai sekarang sudah banyak bentuk olahraga yang dikembangkan bagi mereka yang memiliki sedikit waktu untuk berolahraga. Ada juga alat yang disediakan bagi mereka yang berkeinginan untuk melakukan aktifitas fitness di rumah masing-masing. Tapi apakah tanpa alat dan waktu yang sedikit akan menjadi sebuah masalah bagi sebagian orang untuk menjamin dirinya mendapatkan suatu bentuk olahraga yang efektif? Dan sekali lagi tidak dapat dipungkiri jawabannya tetap “Ya”. Manusia yang diciptakan untuk berpikir lebih kreatif, mendorong kemampuan untuk menciptakan hal baru dalam mendampingi kehidupan merekan selama ini. Tak luput dalam bidang olahraga menjadi salah satu tempat yang menjadi sasaran kreatifitas. Dengan waktu yang sedikit dan alat yang minim dan hampir tidak ada tapi mendapatkan efektifitas dari sebuah bentuk olahraga.

Olahraga yang efektif tersebut menjadi minat dan trend masa kini untuk menuai sebuah kebugaran tubuh seseorang. Terutama kaum pekerja atau pelajar yang memiliki tenggat waktu tak seberapa. Jogging memang memberikan efek bagi penggiatnya. Tapi ada hal lain yang dapat menunjang kegiatan tersebut. Bagi orang awam mungkin akan terdengar sedikit aneh atau bahkan tak mengenal dengan apa yang dapat kita sebut “Kalistenik”. Kata yang begitu asing ini sudah menjadi trend bagi banyak orang di luar sana. Selain mendapat kebugaran tubuh, kalistenik akan berpengaruh juga dalam pembentukan bentuk tubuh, keseimbangan, pola atau bentuk latihan, dan juga tingkat fokus seseorang. Sedikit gambaran akan sebuah kalistenik, yakni kita akan berolahraga atau menjalani aktifitas dengan memanfaatkan berat tubuh. Dengan hal tersebut kita juga akan lebih mendapatkan efek maksimal untuk tubuh kita. Segala yang berkaitan dengan kalistenik, dari segi pengertian, bentuk, pola,manfaat, dan lain-lain akan lebih dibahas pada posting selanjutnya. Jangan ragu untuk memulai. Lakukan apa yang kita pikir dan rasakan itu benar-benar bermanfaat untuk kita. Tubuh ini milik kita bukan orang lain, kita memegang kendali tiap inchi tubuh ini. Pastikan kita sadar akan segala hal yang kita perbuat bagi diri kita sendiri.

No comments:

Post a Comment

loading...