Search This Blog

Friday, May 1, 2015

Otot Penting Untuk mendapat Tubuh Yang Ideal

Setiap orang mendambakan tubuh yang ideal, sebelum menerapkan latihan kalistenik alangkah baiknya untuk mengenal terlebih dahulu beberapa bagian tubuh (otot) yang memang harus disiapkan untuk mendapatkan pola latihan yang tepat. Bagi beberapa orang, mereka terburu-buru untuk memulai latihan dengan harapan mereka lagsung mendapat bentuk yang bagus. Tapi dengan sikap yang terlalu memaksakan tersebut mereka tidak menyadari bahwa menentukan sisi mana yang perlu dikembangkan itu sangat penting. Terlebih lagi bagi yang masih memiliki berat badan berlebih.
Setiap latihan memiliki porsi masing-masing, ada yang harus membuat lemak-lemak dalam tubuh berkurang, ada juga yang langsung ke tahap pembentukan otot itu sendiri. Maka dari itu penting untuk memulai mengetahui sedikit tentang bagian tubuh kita yang perlu kita fokuskan untuk dilatih sehingga kita tidak membuang waktu dan tenaga secara percuma. Selebihnya tinggal mengatur porsi waktu dan latihan yang cukup dalam melakukan latihan. Beberapa otot yang diyakini agar membentuk tubuh yang ideal akan lebih dipaparkan sebagai patokan agar orang mendapat informasi yang cukup sebelum menggiatkan diri terjun dalam dunia kalistenik.

Otot dada

Dada memang dilirik sebagian besar pria agar tampilannya menjadi lebih macho di mata kaum wanita, oleh sebab itu perlu difokuskan melatih otot bagian depan ini. Kadang kala pria akan cenderung terlihat kurang percaya diri dengan memiliki dada rata atau bahkan memiliki dada yang kendur. Demi meningkatkan kepercayaan diri seseorang, maka penampilan yang tampak dari depan akan lebih menenangkan dan menyenangkan untuk dilihat. Terutama bagi yang masih suka bergaya di depan kamera, tanpa membusungkan dada mereka sudah terlihat layaknya seorang atlit yang berdiri di panggung kontes otot.

Otot lengan (bisep & trisep)

Bagian ini sangat penting selain menjadi kunci dari sebuah penampilan. Bisep dan trisep seseorang akan menjadi tumpuan untuk menopang kinerja saat pembentukan otot-otot yang lainnya karena selain memiliki ikatan dengan bagian bahu dan dada, bisep dan trisep membantu menyeimbangkan penguasaan latihan di tiap sesinya. Tampilan gaya seseorang akan terlihat menarik ketika memiliki lengan yang atraktif di khalayak umum.

Otot bahu

Otot bahu tidak boleh diartikan sama dengan bagian lengan, karena otot ini juga memiliki bagian tersendiri atau terpisah dengan otot lengan. Dengan memiliki bahu yang lebar, pria akan cenderung lebih terlihat garang dan juga ideal setelah memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil. Dari bagian bahu yang lebar dan lingkar pinggang yang kecil, penampilan seseorang akan terlihat bentuk V.

Otot punggung

Selain menjadi penyempurna penampilan, keseimbangan juga akan terlihat dan dirasakan ketika kita melatih bagian punggung. Tak hanya bagian depan, bagian belakang juga akan dipandang sehingga otot inijuga layak untuk dipertimbangkan dalam asupan latihan.

Otot perut

Perut memang memiliki bagiannya sendiri, kadang orang harus bekerja keras dan teratur untuk mendapatkan bentuk perut yang ideal atau bisa kita sebut sixpack. Perut yang kotak – kotak harus dilatih dengan membakar lemak terlebih dahulu jika ada, dan selanjutnya baru difokuskan untuk proggram pembentukan.

Otot paha

Selain sebagai penopang tubuh, bagian paha juga akan menjadi penyeimbang bagian tubuh laiannya. Dan perlu diingat bahwa setiap otot memiliki keterkaitan dalam aktifitasnya. Melatih otot paha juga sama artinya membuat perlindungan agar lutut terhindar dari cidera.

Otot kaki

Setelah melalui fase-fase latihan yang teratur untuk bagian atas, bagian kaki juga penting untuk diberikan muatan latihan yang berkala agar penampilan lebih ideal. Sama seperti sebelumnya, setiap otot itu berkaitan dan ini akan berlaku juga ketika kita menerapka pola latihan yang kita jalani.
Setelah mengenal bagian-bagian yang perlu difokuskan untuk latihan, maka kita juga sudah siap untuk membuat pola latihan untuk kita jalani dalam menggiatkan kalistenik. Tak perlu ragu untuk maju, cukup nikmati dan lakukan. Hasil jeri payah yang sudah kita lakukan akan memberikan hasil yang benar-benar kita inginkan.

No comments:

Post a Comment

loading...