Search This Blog

Saturday, May 2, 2015

Bakar Lemak Dalam Hitungan Minggu

Lemak yang berlebih memang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Terutama yang memang peduli dengan penampilan, sangat tidak percaya diri ketika berkumpul dengan kawan atau saudara dan tubuh terlihat menonjol karena lemak yang menggelambir. Berbeda halnya dengan orang yang memang sudah tercetak ramping bahkan memiliki bentuk tubuh yang ideal, memakai baju apa saja akan terasa santai dan percaya diri. 

Sebelum memaparkan semuanya akan lebih baik dikenali terlebih dahulu metode apa yang akan digunakan dalam usaha membakar lemak berlebih dalam tubuh. Hal ini saya terapkan pada diri sendiri dan hasilnya lebih dari yang dibayangkan. Dalam tenggat waktu yang dibutuhkan ternyata perlu waktu separuh hingga seperempat bagian untuk menyelesaikan latihan ini. Saya anggap cukup karena terjadi perbedaan yang drastis dari awal memulai latihan hingga batas yang saya tentukan. Sedikit bercerita, saat itu berat badan naik 4 kilo, dari 55 menjadi 59, dengan melihat penampilan ternyata bentuk perut sudah semakin membuncit akibat pola hidup dan pola makan yang tidak teratur. Kadar olahraga yang saya gunakan saat itu memang tidak se-intens sekarang. Meskipun tak sampai 1 jam, saya sempatkan untuk menempa tubuh untuk mendapatkan porsi latihan yang cukup. Dan hasilnya sekarang tubuh lebih ramping, dan perut buncit sudah hilang. Gambar awal memang tidak sempat di jepret karena memang bukan tipe yang suka selfie. Tapi setelah berlatih, sedikit gambaran saja sebagai pemicu semangat untuk berlatih.

Memang tidak se-atletis para penggiat kalistenik di luar sana. Tapi yang saya fokuskan adalah bentuk perut yang saya hasilkan setelah latihan yang rutin. Foto ini saya ambil masih dalam kisaran beberapa minggu yang lalu, hampir satu bulan. Dan dengan beberapa evaluasi juga, pola latihan yang tepat memang sangat memberikan hasil yang saya inginkan.  Latihan yang dilakukan ini sudah sangat dikenal bagi para penggiat olahraga. Sebelum memulai penjelasaan, latihan ini dapat dikaitkan dengan hobi atau kegiatan yang di gemari seperti bersepeda, lompat tali, atau hal lain yang berbau kardio. Latihan yang saya lakukan masih lebih fokus ke dunia lari. Karena sifatnya yang outdoor dan dapat menikmati pemandangan sekitar.  

HIIT, high intensity interval training, metode yang diterapkan dalam pola lari yang setiap harinya dilakukan. Secara gambaran umum, latihan ini artinya memberikan intensitas yang tinggi dengan interval yang banyak. Maka metode ini memicu kadar lemak untuk terbakar lebih cepat daripada metode latihan biasa yang sering dilakukan kebanyakan orang. Waktu yang dibutuhkan pun singkat, hanya 30 – 40 menit tiap harinya.usahakan memberikan jeda waktu 1 hari untuk beristirahat agar tubuh kita lebih rileks dalam melakukan latihan di hari berikutnya. Dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan 3 – 5 menit sebelum latihan agar terhindar dari resiko cidera.  Adapun penjelasan tentang pola latihan tersebut seperti dibawah ini.

Bagian pertama : Minggu 1 – 2 

Lari sprint selama 15 detik
Jalan cepat selama 60 detik
Lakukan dengan tenggat waktu 15 menit
Tutup latihan dengan sprint 15 detik

Bagian kedua : Minggu 3 – 4 

Sprint selama 30 detik
Jalan cepat selama 60 detik
Lakukan dengan tenggat waktu 18 menit
Tutup latihan dengan sprint 30 detik

Bagian ketiga : Minggu 5 – 6 

Sprint selama 30 detik
Jalan cepat selama 30 detik
Lakukan dengan tenggat waktu 20 menit
Tutup latihan dengan sprint 30 detik

Bagian keempat : Minggu 7 – 8 

Sprint selama 30 detik
Jalan cepat selama 15 detik
Lakukan dengan tenggat waktu  21 menit
Tutup latihan dengan sprint 30 detik

Kalau kita tetap berusaha, hasilnya tidak akan sia – sia. Jauhi rasa malas dan mulailah maju untuk mencapai setiap keinginan yang ini kita raih. Informasi ini semoga berguna bagi kawan – kawan yang yang ingin memulai untuk menyadari pentingnya arti kesehatan bagi tubuh kita.

2 comments:

  1. The Titanium Helix Earrings by TINI Studio - TINI
    The titanium helix earrings are designed to be a high quality micro touch hair trimmer replica of the Earrings by TINI titanium body jewelry Studio. titanium band ring This stylish earring will titanium wedding band be made titanium alloys with this

    ReplyDelete

loading...